klik me

Selasa, 03 Februari 2009

EXCEL


Banyak kegunaan dari Excel. Para pengusaha menggunakannya untuk membuat laporan keuangan dan pembelanjaan. Guru-guru menggunakan Excel untuk menganalisa data tentang perkembangan siswa dan cara pengajaran yang baik. Para pengamat ekonomi memakainya untuk analisis statistik. Microsoft Excel menjadi salah satu program yang banyak dipakai karena mudah digunakan dan memiliki lembar kerja yang telah terprogram dengan baik.

Pada artikel kali ini yaitu membahas mengenai Microsoft Excel 2003 akan mengenalkan pada para pembaca mengenai Excel secara “basic”.

Tampilan Awal Jendela Microsoft Excel 2003

Tutorial Excel 2003 : Jendela Program Excel

Saat berada di Excel, Anda akan dihadapkan pada sebuah dokumen kosong atau Blank Document seperti tampilan di atas. Dari sini, Anda bisa menambahkan data, mengubah tampilan, mengerjakan kalkulasi matematika atau merangkum data dan mencari informasi dari fungsi file bantuan.

Sementara gambar di bawah menunjukkan bagian-bagian terpenting dari sebuah jendela lembar kerja Excel. Dengan catatan di sini bisa saja tergantung dari bagaimana konfigurasi komputer Anda, tidak semua toolbar yang Anda lihat di bawah sama dengan yang ada di komputer Anda. Anda bisa memilih toolbar-toolbar untuk ditampilkan dengan cara memilih menu View dari Menu Bar, kemudian pilih “Toolbars“.

Bagian yang paling standar dari Excel adalah suatu kotak yang memiliki data disebut sebuah cell. Cell adalah suatu kotak yang digambarkan sebagai perpotongan dari sebuah kolom dan sebuah garis. Baris diidentifikasikan dari nomor-nomor menurun yang berada di sisi kiri sedangkan kolom diidentifikasikan dengan huruf-huruf di sisi atas. Setiap cell diindikasikan dengan sebuah referensi sel. Sebagai contoh, dari gambar di bawah terlihat cell yang aktif adalah perpotongan dari Kolom A dan Baris 1 yang diketahui sebagai referensi cell A1.

Microsoft Excel 2003 Screen

Tutorial Excel 2003 : Toolbar-toolbar Excel

Title Bar - Title Bar atau judul batang menampilkan nama program yang sedang berjalan dan Buku Kerja (workbook) Excel yang sedang terbuka. Biasanya muncul di bagian atas dari program Excel. Secara standar, Excel akan selalu membuka suatu file dengan nama Book 1.

Menu Bar -Menu bar berada di bawah Title Bar dan menampilkan sebuah daftar dari menu yang bisa digunakan untuk memberikan perintah pada Excel. Meng-klik atau memilih sebuah nama menu akan menampilkan menu drop down dari perintah-perintah. Anda bisa memindahkan menu bar dan menurunkan menu drop down menggunakan mouse dengan cara menyorot salah satu dari item menu dan bisa juga menggunakan tombol-tombol panah pada keyboard.

Menu-menu yang dapat ditemukan pada Menu Bar antara lain sebagai berikut :

* File - Perintah-perintah yang berkaitan adalah open, save, close, print dan membuat file baru.
* Edit - Perintah-perintah seperti copy, cut, paste, find dan replace text.
* View - Perintah-perintah untuk mengubah bagaimana cara lembar kerja ditampilkan di layar.
* Insert - Daftar-daftar item yang digunakan untuk penyisipan (insert) dalam sebuah lembar kerja, seperti grafik atau diagram.
* Format - Perintah-perintah untuk mwmformat huruf-huruf, perataan cell dan border.
* Tools - Daftar alat-alat seperti pengkoreksi kesalahan dan macro-macro.
* Data - Perintah-perintah untuk analisa dan bekerja dengan informasi data.
* Window - Perintah-perintah untuk tampilan dan menata jendela multiple (banyak jendela)
* Help - Fasilitas bantuan dalam penggunaan program Excel
* Adobe PDF - Menu pilihan jika Adobe Acrobat sudah terinstall.

Standard Toolbar - Toolbar standar melingkupi tombol-tombol yang menjadi shortcut (jalan pintas) yang paling sering digunakan. Adapun tombol-tombol yang paling sering digunakan seperti menyimpan, membuka dan mencetak lembar kerja.

Tombol-tombol pada Standard Toolbar antara lain:

* New - Menciptakan file baru, lembar kerja kosong
* Open - Membuka lembar kerja yang telah tersimpan sebelumnya
* Save - Menyimpan lembar kerja yang sedang dikerjakan
* Permission - Untuk membatasi akses pada lembar kerja
* Print - Mencetak dokumen aktif
* Print Preview - Memperlihatkan lembar kerja aktif di layar untuk memvisualkan sebelum dokumen dicetak
* Spelling - Melakukan koreksi argumen pada cell dalam sebuah dokumen
* Research - Memungkinkan manajemen informasi yang benar di mana dapat membantu melindungi dokumen sensitif dari copy data atau forward data.
* Copy - Proses penyalinan dari dokumen aktif ke dalam clipboard, di mana bisa dipastekan di mana saja dalam dokumen.
* Paste - Membawa nilai clipboard yang aktif dan menyisipkan nilai tersebut.
* Undo - Mengembalikan aksi terakhir dalam dokumen
* Redo - Mengembalikan aksi terakhir sebelum di-undo
* Insert Hyperlink - Menyisipkan sebuah hyperlink ke suatu alamat web (Internet)
* Auto Sum -sebuah menu drop down yang menyediakan operasi matematika
* Sort Ascending - Mengurutkan seleksi yang aktif ke dalam pengurutan ascending ( A ke Z)
* Chart Wizard - Membuka “Chart Wizard di mana akan menunjukkan langkah-langkah untuk membuat chart dan diagram menggunakan data yang sudah terpilih.
* Other Options - Ada banyak variasi dari other options yang bisa dipanggil atau ditambahkan ke dalam toolbar, seperti Cut, Email, Sort Ascending, dan lain-lain. Dengan cara meng-klik segitiga di sudut kanan dari toolbar.

Formatting Toolbar - Toolbar Formatting mengandung tombol-tombol yang paling sering digunakan untuk perintah format, seperti membuat teks tebal atau teks miring.

excel

Salah satu tugas bagian keuangan sebuah perusahaan adalah membuat laporan keuangan pada akhir bulan. Dari laporan tersebut dapat terlihat kondisi keuangan perusahaan, termasuk dapat diamati apakah perusahaan mengalami untung atau kerugian. Jika itu sebuah perusahaan besar, maka tidak mungkin Anda sebagai tenaga keuangannya hanya mencatat itu dalam buku besar.

Yang pasti saat ini Anda butuhkan adalah sebuah program aplikasi yang bisa membantu proses kerja Anda. Program aplikasi spreadsheet Microsoft Excel yang dirilis oleh Microsoft Coorporation dapat membantu tugas Anda tersebut. Pada aplikasi itu biasanya digunakan untuk pengolahan database sederhana, membuat laporan keuangan, mengolah data statistik, dan keperluan lainnya.

Dengan program aplikasi ini, Anda tidak lagi memerlukan penggaris, pulpen, dan buku besar. Sebab, aplikasi ini telah didesain sedemikian rupa untuk membuat tabel atau grafik yang biasanya dibutuhkan pada pembuatan laporan keuangan dan pengolahan database. Anda juga tidak perlu lagi memerlukan kalkulator, karena program ini telah menyediakan fasilitas perhitungan secara otomatis.

CD Tutorial Microsoft Excel yang diterbitkan oleh ProActive ini membimbing Anda untuk memasuki lebih dalam dan mengenal komponen-komponen pada Microsoft Excel. Dari bagaimana memulai mengoperasikan aplikasi ini hingga melakukan pencetakan laporan keuangan atau statistik yang Anda buat.

Dengan instruktur yang berpengalaman dalam pengajaran komputer, kami menjamin Anda akan langsung dapat mengoperasikan program aplikasi Microsoft Excel secara baik. Anda tidak perlu mendaftar di tempat kursus komputer. Hanya, duduk di depan komputer Anda, serta mempraktekan apa yang telah diterangkan oleh instruktur. Anda juga tidak perlu khawatir dengan versi komputer Anda yang rendah, sebab pada dasar-dasar penggunaannya sama saja.

CD Tutorial Microsoft Excel ini sangat tepat bagi Anda yang berprofesi di bidang keuangan, pengelohan data statistik, serta pengolahan database. CD Tutorial ini juga sangat bagus bagi pelajar dan mahasiswa yang mengambil bidang studi administrasi keuangan.



BAB 1 PENGETAHUAN DASAR
1.1 Perkenalan
1.2 Komponen Microsoft Excel
1.3 Menginput dan mengedit data
1.4 Menyimpan dan membuka File
1.5 Mengatur baris dan kolom
1.6 Mengatur Worksheet
1.7 Mengenal jenis-jenis data
1.8 Mengubah Regional Setting Windows
1.9 Menggunakan Fill Series
1.10 Memanfaatkan fasilitas Freeze
BAB 2 MENGATUR FORMAT CELL
2.1 Mengatur format Number
2.2 Mengubah format Aligment
2.3 Mengatur format Font
2.4 Mengatur Format Border
2.5 Mengatur format Patern
2.6 Mengatur proteksi Worksheet
2.7 Memanfaatkan Conditional Formating
BAB 3 PENGGUNAAN FUNGSI-FUNGSI MICROSOFT EXCEL
3.1 Rumus Aritmatika Dasar
3.2 Mengenal Cell Absolute
3.3 Menggunakan fungsi statistik Dasar
3.4 Menggunakan Fungsi LOGIKA
3.5 Menggunakan fungsi IF
3.6 Menggunakan fungsi COUNTIF
3.7 Menggunakan fungsi SUMIF
3.8 Menggunakan fungsi VLOOKUP & HLOOKUP
3.9 Menggunakan fungsi teks
3.10 Menggunakan fungsi tanggal & waktu
3.11 Contoh fungsi gabungan
3.12 Membuat rekapitulasi harian
3.13 Menghitung nilai ujian
3.14 Menghitung BEP bisnis seminar
3.15 Menghitung BEP bisnis penerbitan
3.16 Menghitung BEP bisnis warnet
BAB 4 MENYISIPKAN GRAFIK, CLIPART & WORDART
4.1 Membuat grafik baru
4.2 Mengatur grafik yang telah dibuat
4.3 Menyisipkan ClipArt dan WordArt
BAB 5 MENGOLAH DATABASE DI EXCEL
5.1 Pengertian dan syarat-syarat database
5.2 Mengurutkan database
5.3 Menggunakan Autofilter
5.4 Menggunakan Data Form
5.5 Menggunakan Sub Total
5.6 Membuat dan menggunakan Pivotable
5.7 Fungsi Statistik dasar untuk database
BAB 6 MENCETAK DOKUMEN KE PRINTER
6.1 Print Privew dan Page Break Privew
6.2 Mengatur Page Setup
6.3 Mengatur Header & Footer
6.4 Mencetak Dokumen ke printer

* Animasi
* Aplikasi 3D
* Aplikasi Office
* Aplikasi Web
* Desain Grafis
* Komputer Akuntansi
* Komputer Statistik
* Music Production
* Pemrograman
* Rancang Bangun
* Sistem Operasi
* Teknik Komputer
* Video Production

0 komentar:

Tentang saya

Ini hanyalah sebuah blog kecil dimana saya sendiri yang menguploadnya....

banyak hal yang akan saya bagikan kepada anda,klik berbagai iklan yang ada, siapa tau anda membutuhkannya...

Enjoy This Blog.......

Follow this

Jangan kau merasa dirimu penuh dengan kekurangan,manfaatkan perasaan penuh kekurangan itu untuk menunjukan,menonjolkan kelebihanmu

  © Blogger template 'Froggy' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP